Pembelajaran Bahasa Indonesia di Luar Kelas oleh BIPA Reguler Pemula

Malang, BIPA UNISMA –  Tak hanya melakukan pembelajaran di dalam ruang saja, pembelajaran di luar kelas juga bisa dilakukan untuk membatu proses belajar bahasa indonesia bagi mahasiswa asing. (Malang, 04/11/19)

Kegiatan pembelajaran di luar ruangan juga perlu dilakukan sesekali sembari menghilangkan kebosanan mahasiswa dengan suasana yang ada di dalam ruang kelas. Kegiatan kelas luar ini biasanya digunakan sebagai pengaplikasian pembelajaran yang dipelajari di dalam kelas, contohnya mahasiswa mempelajari mengenai tawar-menawar di dalam kelas. Untuk mengaplikasikan mahasiswa bisa melakukan jual beli serta tawar menawar di pasar tradisional bersama dengan pengajar. Adanya kelas luar diharapkan mahasiswa bisa mengaplikasikan apa yang dipelajari di dalam kelas. Selain itu, pengajar juga bisa melihat pemahaman mahasiswa.

 

Pada hari ini 04/11/19 mahasiswa asing melakukan pembelajaran di luar kelas. Dihari sebelumnya mahasiswa sudah belajar mengenai arah dan lokasi, oleh karena itu pada hari ini mahasiswa mengaplikasikan hasil belajarnya.

Mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok dengan bantuan satu guru untuk melengkapi jumlah mahaiswa. Setelah itu salah satu dikelompok tersebut harus ditutup matanya. Kemudian satu mahasiswa lainnya menyembunyikan harta karun atau hadiah yang disediakan oleh pengajar. Setelah hadiah sudah diletakkan disuatu tempat, mahasiswa yang ditutup matanya harus mencari hadiah tersebut dengan mendengarkan intruksi dari teman yang matanya terbuka. Intruksi yang diberikan yakni sesuai dengan pembelajaran di kelas, contohnya “belok kanan, maju, mundur, berhenti” dan sebagainya. Mahasiswa sangat antusias dalam pembelajaran di luar kelas hari ini.

 

Penulis : dewi/05/11/19