Aku Belajar Bahasa Indonesia

Malang, BIPA UNISMA- Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kelas BIPA sudah mulai dilaksanakan oleh mahasiswa Uzbekistan, dibantu dengan beberapa pengajar BIPA Universitas Islam Malang. (Malang,07/08/18)

Selain mengenal serta mempelajari budaya Indonesia, di kelas BIPA mahasiswa Uzbekistan juga mempelajari bahasa Indonesia.  Tak ada tingkatan yang membedakan kesebelas mahasiswa asing tersebut, sehingga mereka menjadi satu tingkatan kelas BIPA saja.

Dok. BIPA UNISMA

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia bertempatkan di kelas BIPA gedung Al- lantai 5. Kegiatan dimulai pukul 08.30 hingga 11.30.

Di awal kegiatan pembelajaran tampak bahasa Indonesia dasar dipelajari oleh mahasiswa asing.  Seperti cara memperkenalkan diri dan menanyakan identitas diri kepada orang lain.

Elva Riezky M, M.Pd.selaku pengajar di kelas BIPA tampak dengan sabar mengajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing. Teknik pengajaran BIPA bisa dikatakan berbeda dengan pengajaran bahasa Indonesia kepada mahasiswa asli Indonesia, pengajaran BIPA yang dilaksanakan di sini menggunakan teknik total immersion yaitu mahasiswa langsung dicelupkan atau dipajankan dengan konteks penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari. Pengajaran BIPA lebih detail, menggunakan bahasa yang mudah dipahami san kosakata yang sederhana sehingga memudahkan mahasiswa asing dalam memahami dan menggunakan bahasa Indonesia. Di dalam kelas, jumlah pengajar juga lebih dari satu, terdapat minimal dua pengajar dalam tiap kelas BIPA.

 

Dok. BIPA UNISMA

Mahasiswa asing tampak bersungguh-sungguh belajar bagaimana memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Indonesia. Setelah pembelajaran di dalam kelas usai, mahasiswa asing memajankan materi di luar kelas, yakni dengan melakukan tanya jawab mengenai identitas diri kepada mahasiswa Universitas Islam Malang.

 

Dok. BIPA UNISMA

Malika, salah satu mahasiswa Uzbekistan sedang melakukan tanya jawab dengan mahasiswa Universitas Islam Malang. Ia menanyakan identitas diri mahasiswa tersebut sesuai dengan materi yang dipelajari di kelas BIPA. Tak hanya Malika tapi seluruh mahasiswa asing juga melakukan tanya jawab dengan warga Universitas Islam Malang.

Setelah mahasiswa asing melakukan wawancara, meraka kembali ke kelas BIPA dan mempresentasikan hasil tanya jawab dihadapan teman-teman dan pengajar BIPA. Seluruh mahasiswa asing menyelesaikan tugas dan pembelajaran dengan sangat baik.

 

Penulis: dedewca 08/08/18