Seluruh Mahasiswa BIPA Mengenal dan Belajar Membatik

Malang, BIPA UNISMA –  Seluruh mahasiswa BIPA Universitas Islam Malang belajar dan mengenal batik tulis khas Indonesia. Kegiatan ini dilakukan di salah satu galeri batik yang ada di kota Malang guna mengenalkan budaya Indoneia. (Malang, 14/10/19)

Kegiatan kelas budaya ini dilaksanakan dengan mengunjungi galeri batik di Soendari Batik Malang. Seluruh mahasiswa BIPA Universitas Islam Malang baik dari kelas Beasiswa sampai Reguler turut hadir pada kegiatan hari ini.

Seluruh mahasiswa BIPA Universitas Islam Malang dipandu oleh satu pemandu yang akan menjelaskan mengenai batik itu sendiri dan juga nantinya akan diberikan arahan mengenai cara membatik tulis. Pada hari ini kebetulan pemilik galeri Soendari Batik Malang sendiri yang memandu mahasiswa BIPA untuk melihat dan belajar batik.

 

Pertama mahasiswa dipersilahkan masuk di ruangan membatik, mahasiswa duduk di beberapa meja lalu pemandu memberikan sedikit pengetahuan tentang batik. Dilanjutkan dengan mahasiswa membuat pola di kain putih yang nanti ditahap berikutnya akan dicanting. Mahasiswa terlihat asik mengkreasikan karyanya.

Setelah membuat pola mahasiswa mencanting dengan lilin gambar yang sudah dibuatnya di kain yang sudah disediakan. Usai, mencanting mahasiswa diajak ketahap batik cap mahasiswa memilih motif yang akan dicap di kain batik mereka. Setelah semua usai batik dikumpulkan lalu oleh teman-teman dari galeri batik disipkan meja untuk memberikan pewarnaan pada kain batik mereka. Setelah itu mahasiswa memberikan warna pada batiknya.

 

Sembari menunggu proses penjemuran batik yang sudah diwarna, mahasiswa diajak untuk berkeliling galeri batik untuk melihat macam-macam batik yang ada di Indonesia. Mahasiswa juga bisa membeli produk yang ada. Seperti kain batik, sandal, pakaian selendang dan sebagainya.

 

Tahap terakhir batik dicelupkan di air panas, tapi karena itu membutuhkan keahlian mahasiswa hanya diminta untuk melihat teman-teman galeri batik yang melakukannya. Setelah itu batik dijemur dan batik sudah siap.

 

Batik yang dibuat oleh mahasiswa asing sangat bagus, walau membatik hari ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka.

 

Penulis : dewi/15/10/19