Perektrutan Tutor untuk Mahasiswa Uzbekistan

Malang, BIPA UNISMA-  Persiapan program Summer Course Scholarship-Uzbekistan yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-29 Agustus 2018 sudah mulai dilakukan. Salah satu persiapan yang dilakukan oleh BIPA Universitas Islam Malang yakni perekrutan tutor untuk mahasiswa Uzbekistan.

Dimulai pukul 09.00 WIB kegiatan perekrutan ini dilakukan di Universitas Islam Malang tepatnya di kelas BIPA. Mahasiswa yang sudah mengumpulkan syarat pendaftaran datang untuk melakukan wawancara. Mahasiswa Pend. Bahasa & Sastra Indonesia (PBSI) dan Pend. Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sudah mendaftarkan diri untuk menjadi tutor mahasiswa Uzbekistan. (Malang,15/05/18)

 

Dok. BIPA UNISMA

 Pewawancara dilakukan oleh tiga orang pengajar BIPA Universitas Islam Malang, yakni Frida Siswiyanti, M.Pd., Elva Riesky M, M.Pd., dan Sulton Maarif, S.Pd.

Setiap sesinya lima peserta masuk kedalam ruangan untuk melakukan tes. Walau nampak berkelompok, tapi setiap pertanyaan dijawab individu, secara bergantian. Pertanyaan yang diajukan mengenai alasan pribadi ingin menjadi tutor, pengetahuan tentang kota Malang serta pengetahuan bahasa Indonesia.

Para peserta dengan sabar menunggun antrian untuk masuk ke dalam ruangan, ada mahasiswa yang sibuk belajar, ada juga mahasiswa yang bercanda dengan peserta lain untuk menghilangkan kejenuhan.

 

Dok. BIPA UNISMA

Dengan serius dan penuh antusias mahasiswa menjalani tes wawancara, yang berlangsung sekitar 15-20 menit di dalam ruangan. Pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan dijawab dengan penuh keyakinan berharap bisa lolos dan menjadi tutor mahasiswa Uzbekistan.

Dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti tes wawancara hanya diambil sebelas mahasiswa untuk menjadi tutor dalam program Summer Course Scholarship-Uzbekistan. Delapan mahasiswa perempuan dan tiga mahasiswa laki-laki untuk menemani mahasiswa Uzbekistan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme mahasiswa UNISMA yang telah mengikuti tes pada hari ini. Kami akan menginformasikan lebih lanjut mengenai tutor yang lolos seleksi”. ujar Elva.

Tes wawancara ditutup pada pukul 16.00 . Pengumuman tes akan diinfokan melalui sosial media BIPA Universitas Islam Malang atau aka nada konfirmasi lebih lanjut dari pihak BIPA.

 

Penulis : dedewca 16/05/18