Pembelajaran Mahasiswa Amerika di Kelas

Malang- BIPA UNISMA. Kesuaian pembelajaran di kelas dengan kurikulum BIPA merupakan hal wajib bagi pengajar BIPA.  Oleh karena itu, beragam kegiatan kelas di program BIPA Universitas Islam Malang dilakukan oleh mahasiswa asing dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

Dok. BIPA UNISMA

Jane Jiyoung Hwang mahasiswa asal Amerika ini melakukan banyak variasi pembelajaran bahasa Indonesia, ia juga menyelesaikan setiap pembelajaran dengan baik.

Kegiatan pembelajaran yang  telah dilakukan di kelas BIPA seperti promosi bisnis yang bisa berkembang di kota Malang, pada gambar tampak mahasiswa asal Amerika ini mempresentasikan hasil pemikirannya mengenai bisnis kue atau jajanan yang dapat dijual di kota Malang. (Malang/31/05/18)

 

Dok. BIPA UNISMA

Kegiatan kedua yakni wawancara dengan orang Indonesia, kegiatan ini dilakukan bersama mahasiswa PBSI yang menjadi penghuni rusunawa Universitas Islam Malang. Kegiatan wawancara menggunakan bahasa Indonesia yang sudah dipelajari di kelas BIPA.

Dok. BIPA UNISMA

Tak berhenti di sana, wawancara juga dilakukan bersama penjual kebutuhan pokok di pasar Dinoyo selama bulan ramadan. Tampak Mbak Jane asik melakukan wawancara dengan penjual penjual daging ayam. Ada beberapa pertanyaan ringan yang ditanyakannya, meliputi data diri penjual, mengenai barang yang dijual, mengenai kenaikan harga daging ayam selama bulan ramadan. Dengan bahasa Indonesia yang cukup lancar Jane Jiyoung Hwang melakukan wawancara. (Malang/22/05/18)

Bukan hanya wawancara saja, pembelajaran yang diterapkan di Program BIPA Universitas Islam Malang juga memasukan unsur sastra dalam pembelajaran mahasiswa asing. Mahasiswa asing diajak untuk bermain peran, berdiskusi, dan berdebat bersama mahasiswa PBSI Universitas Islam Malang.

 

Penulis: dedewca 01/06/18