Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas BIPA Reguler Pemula

Malang, BIPA UNISMA –  Bukan hanya mahasiswa program Beasiswa saja yang tergabung dalam BIPA Universitas Islam Malang. Cukup banyak mahasiswa asing Reguler atau tanpa beasiswa yang belajar bahasa Indonesia di BIPA. Salah satunya pada kelas BIPA tingkatan pemula. (Malang, 9 Desember 2019)

Kegiatan pembelajaran bahasa indonesia di kelas regular ini dilaksakan dua kali dalam seminggu, yakni pada hari senin dan kamis dengan durasi tiga jam dari pukul 08.30 WIB – 12.30 WIB. Kelas yang digunakan terletak di gedung Usman Bin Affan lantai 5.

Mahasiswa yang ada di kelas reguler pemula ini berjumlah lima orang, tiga diantaranya berasal dari Korea dan dua sisanya berasal dari Belgia. Kelima mahasiswa ini didampingi oleh dua guru yakni Iin Lutfia, S.Pd., dan Dewi Candra H.W, S.Pd.

Pembelajaran mengutamakan mahasiswa untuk aktif berbicara, hal tersebut bertujuan agar mahasiswa banyak mempelajari kosa kata bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kebanyakan penugasan yang diberikan oleh pengajar berupa presentasi ringan, games, promosi, dialog dan sebagainya.

Mahasiswa senang dan merasa terbantu dalam belajar bahasa Indonesia. Karena tak hanya pengetahuan mengnai bahasa itu sendiri yang diberikan kepada mahasiswa, tetapi juga mengnalkan budaya Indonesia, kebiasaan orang Indonesia dan beberapa hal lainnya. Walau dalam kelas mahasiswa bisa berbahasa asing lain, namun pengajar mengupayakan menggunakan bahasa Indonesia saat berinteraksi di dalam kelas.

 

Penulis : dewi/10/12/19