Koordinasi Pengajar dan Tutor untuk Program Darmasiswa RI 2018

Malang, BIPA UNISMA- Sebelum mahasiswa asing program darmasiswa RI 2018 sampai di Indonesia, persiapan-persiapan dilakukan oleh BIPA Universitas Islam Malang. (Malang,18/07/2018)

Koordinasi merupakan hal yang wajib dilakukan dalam mempersiapkan kedatangan mahasiswa asing. Koordinasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada seluruh anggota BIPA, terkhusus bagi anggota yang baru bergabung dengan BIPA Universitas Islam Malang.

Tak hanya itu, dalam koordinasi juga dijelaskan mengenai beberapa perbedaan antara mahasiswa asing yang akan datang dengan para tutor yang akan menemani selama di Indonesia. Pengetahuan dasar dibutuhkan sebelum para tutor bertemu dengan mahasiswa asing. Contohnya, salah satu kebiasaan mahasiswa asing yang menggunakan kesetaraan tangan kiri dalam penggunaan sehari-hari, hal tersebut ditakutkan akan ada perselisihan antara budaya yang dimiliki tutor dengan mahasiswa asing.

Selain itu sedikit pengenalan diri tentang mahasiswa asing yang disampaikan oleh Prayitno Tri Laksono, M. Pd., mengenai ketidaksukaan mahasiswa asing, hobi dan lain sebagainya. Selain itu, pada kegiataan koordinasi tersebut juga dibagikan tugas yang harus dilakukan oleh tutor jika mahasiswa datang ke Indonesia. Para tutor juga diberitahukan siapa mahasiswa asing yang akan menjadi temannya saat kegiatan tutorial.

Dok.BIPA UNISMA

Koordinasi persiapan kedatangan mahasiswa Darmasiswa RI 2018, dilaksanakan pada 18 Agustus 2018 di Kantor BIPA Universitas Islam Malang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh tutor dan pengajar mahasiswa Darmasiswa RI 2018, diantaranya Frida Siswiyanti, M.Pd., Elva Riezky M, M.Pd., Prayitno Tri Laksono, M. Pd., selaku penanggung jawab program Darmasiswa RI 2018 dan para tutor serta pengajar bahasa Indonesia yang seluruhnya mahasiswa Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang.

 

Dedewca: 19/07/18