Keliling Kampus dengan Teman Baru

Malang, BIPA UNISMA-  Orientasi Kampus serta pengenalan dengan tutor masing-masing mahasiswa Uzbekistan tampak sangat bahagia dan bersemangat. Setelah usai pengumuman tutor yang terpilih dilakukan pembinaan sebelum pada hari ini mereka menemani mahasiswa Uzbekistan berkeliling kampus Universitas Islam Malang. (Malang,04/08/18)

 

Dok. BIPA UNISMA

Bertempatkan di gedung, para tutor menunggu kedatangan mahasiswa Uzbekistan untuk berkenalan dan bertemu langsung. Para tutor yang penasaran dengan mahasiswa Uzbekistan yang akan ditemani selama kurang lebih sebulan ini, tampak tak sabar.

Hingga pukul 14.00 WIB, mahaiswa Uzbekistan datang dengan senyum dan sapaan ramah, disambut pula oleh para tutor yang sudah menanti-nanti kedatangan mereka.

Acara dipimpin langsung oleh ketua BIPA Prayitno Tri Laksono, M. Pd. Acara dibuka dengan penjelasan-penjelasan dan pembagian berkas untuk Mahasiswa Uzbekistan serta para tutor.

Dok. BIPA UNISMA

Acara dilanjutkan dengan pengenalan tutor dan mahasiswa asing. Tutor dan mahasiswa asing dipanggil oleh dosen BIPA diminta untuk maju dan berjabat tangan kenalan. Aktivitas ini bergiliran hingga kesebelas pasangan mahasiswa asing dan tutor saling kenal.

Setelah para tutor diperkenalkan, mahasiswa asing menempati tempat duduk bersama dengan tutor masing-masing. Lalu dipanggil untuk guru kelas budaya memperkenalkan diri. Terdapat dua kelas budaya, meliputi kelas budaya Angklung yang diajarkan oleh Dewi Candra H.W mahasiswa PBSI Universitas Islam Malang untuk mahasiswa asing perempuan, serta kelas budaya pencak silat yang diajarkan oleh Sulton Maarif, S.Pd. dosen BIPA Universitas Islam Malang untuk mahasiswa asing laki-laki.

 

Dok. BIPA UNISMA

Rangkaian acara berjalan dengan santai namun tertata rapi, dipresentasikan pula kegiatan para mahasiswa asing bersama tutor selama kurang lebih sebulan. Kegiatan tersebut terlanjutkan kunjungan ke beberapa tempat di kota Malang, aktivitas tutorial seperti berkunjung ke pasar burung Splindit, Kampung Warna-Warni, Balai kota Malang dan tempat-tempat yang menjadi icon di kota Malang.

Tak hanya berkunjung ke tempat-tempat di kota Malang saja tentunya, mahasiswa asing juga akan melakukan kegiatan di luar pulau Jawa, yakni wisata ke Pulau Bali. Tapi tak hanya berkunjung, mahasiswa asing juga diberikan penugasan oleh dosen BIPA, yang bisa dilakukan di tempat yang dikunjungi.

 

Dok. BIPA UNISMA

Aktivitas keliling dilakukan bersama-sama, tutor menjelaskan nama-nama gedung, fungsi gedung, dan tempat-tempat lain yang ada di kampus Universitas Islam Malang.

Selamat bertemu dan berkenalan dengan para tutor, semoga semakin menyenangkan belajar dan bermain bersama teman baru.

 

Penulis : dedewca 05/08/18