Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Darmasiswa RI 2018

Malang, BIPA UNISMA- Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara intensif di kelas BIPA Universitas Islam Malang. Program darmasiswa dilakukan secara berskala selama kurun waktu satu tahun. (Malang/09/01/18)

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia ini dilakukan dari tingkatan A1 (pemula), hingga tingkat C2 (advans), dari pengetahuan dasar hingga mahasiswa lancar menggunakan bahasa Indonesia. Kegiatan pembelajaran yang diperuntukan mahasiswa darmasiswa juga sedikit berbeda. Dari jumlah pengajar hingga waktu pembelajaran.

Pembelajaran dilakukan empat kali dalam seminggu, yakni hari senin, selasa, rabu dan kamis. Kegiatan pembelajaran dimulai pada pukul 08.30 hingga 12.00. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan tutorial yakni berkunjung ke tempat-tempat yang ada di kota Malang ditemani tutor.

Dok. BIPA UNISMA

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, dalam satu kelas terdapat empat mahasiswa yakni Humaidah mahasiswa asal Thailand, Aya mahasiswa asal Mesir, Wala mahasiswa asal Mesir  dan Hanan mahasiswa asal Suriah, serta tiga guru yang membimbing untuk pembelajaran setiap harinya. Kegiatan belajar bahasa Indonesia  yang diberikan kepada mahasiswa asing bervariatif, menggunakan media pembelajaran yang beragam juga memudahkan mahasiswa asing dalam pemajanan bahasa Indonesia.

Tak hanya monoton guru yang berperan dalam pembelajaran saja, tapi keaktifan mahasiswa juga diutamakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Setiap memasuki pembelajaran bahasa Indonesia mahasiswa asing diminta agar menggunakan bahasa indonesia dalam berkomunikasi. Hal tersebut dapat membantu mahasiswa terbiasa melafalkan bahasa Indonesia serta lebih mudah untuk menambah kosa kata.

Dok. BIPA UNISMA

Tak jarang diakhir kegiatan pembelajaran mahasiswa mempresentasikan hasil belajarnya. Dalam kurun waktu satu tahun, terdapat dua tesyang harus dilalui oleh mahasswa darmasiswa yakni middle tes dan post tes. Guna mengetahui kedalaman pengetahuan mahasiswa mengenai bahasa Indonesia. Mahasiswa merasa senang belajar bahasa Indonesia di BIPA Universitas Islam Malang.

 

Dedewca:10/09/18