Belajar Jual Beli Di Indonesia

Malang, BIPA UNISMA – Mahasiswa Uzbekistan melakukan pembelajaran jual beli dalam kelas BIPA, pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan memajankan konteks penggunaan Bahasa Indonesia untuk jual beli. Indonesia memiliki perbedaan budaya dalam hal berbelanja, di Indonesia masih bisa menawar, sedangkan banyak negara di luar Indonesia yang tidak memiliki budaya tersebut. Harapannya setelah belajar jual beli, mereka bisa membeli, menawar, dan bertransaksi dengan menggunakan bahasa Indonesia. (Malang, 08/08/18)

 

Dok. BIPA UNISMA

Mahasiswa Uzbekistan melakukan kegiatan jual beli di dalam kelas BIPA, dibantu oleh pengajar BIPA mahasiswa mempelajari materi jual beli dan tawar menawar. Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni kelompok pertama berperan menjadi penjual, serta kelompok kedua menjadi pembeli. Kedua kelompok tersebut memainkan peran jual beli layaknya di pasar tradisional. Mahasiswa asing tampak dengan asik melakukan penawaran dengan teman sekelasnya.

 

 

 

Dok. BIPA UNISMA

Di saat praktik jual beli mahasiswa asing yang berperan penjual harus mendapatkan untung sebesar-besarnya sedangkan pembeli harus mendapatkan harga yang paling murah. Hal tersebut akan membawa mahasiswa asing berinteraksi dan memajankan bahasa Indonesia.

Hasil pembelajaran hari ini mahasiswa ada yang mendapatkan untung banyak, ada pula yang membeli dengan harga mahal. Mahasiswa yang pintar akan mendapat uang banyak atau buah dengan harga yang murah.

Selamat belajar dan mengenal budaya serta kehidupan di Indonesia. Kalian pasti bisa.

 

Penulis : dedewca 08/08/18